Although I wasn’t there but ......


“Although I wasn’t there but the spirit for helding the event was flaming in me.. J

Novalga Aniswara
Kang Kota Tangerang 2013
Malam Final Kang & Nong Kota Tangerang 2013 sudah usai, selesainya acara tersebut menjadi titik awal masa jabatan kami (re: @KNKotaTangerang 2013) dalam mengemban tugas sebagai Duta Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang. Event pertama yang di’sodorkan’ oleh PAKANOTA adalah penyelenggaraan acara sosial di bulan suci Ramadhan.

Sasaran event pun ditetapkan kepada adik-adik yatim piatu di kawasan Kota Tangerang. Pada tahap awal, pemilihan konsep acara menjadi fokus kami. Banyak terjadi adu argumen pada saat itu. Butuh sedikit waktu berunding, dan kemudian tercetuslah ide “Tahun ini harus beda, kenapa kita gak ajak mereka keluar untuk nonton sekaligus langsung buka puasa di luar. Excitement mereka pasti lebih besar ketimbang kita nyelenggarain acara yang biasa-biasa aja”. Berawal dari celotehan itu niat kami pun terkumpul untuk menyelenggarakan nonton bersama dilanjutkan dengan buka bersama pada bulan ramadhan tahun ini. Selain itu ditetapkan juga tanggal pelaksanaan kegiatan yang jatuh pada hari sabtu tanggal 20 Juli 2013.
Kami semua sadar bahwa untuk menyelenggarakan acara tersebut tidak cukup hanya dengan niat dan jumlah personnel yang besar. Tidak dipungkiri lagi permasalahan dana pmerupakan masalah yang lumrah dalam berbagai penyelenggaran event-event sosial. Beruntungnya kami selaku @KNKotaTangerang 2013 memiliki senior-senior yang sangat mendukung serta mau memberikan bimbingan baik langsung maupun tidak langsung mengenai perkembangan acara ini. Penggalangan dana pun dilakukan dengan mendatangi beberapa sponsor tetap @KNKotaTangerang dan mengajukan proposal ke seluruh Camat se-Kota Tangerang. Honestly, banyak terjadi pengorbanan disini, apalagi pengorbanan waktu dan tenaga. Karena banyak diantara kami yang memiliki kegiatan di luar Paguyuban serta kondisi pada saat itu yang notabene-nya masih awal bulan ramadhan.

Tidak hanya mengandalkan sumber-sumber dana tertentu kami pun selaku penyelenggara turun langsung dalam proses penggalangan dana untuk event ini. Salah satu usaha yang kami lakukan adalah ‘Berjualan Ta’jil dan Mengamen di sekitaran kawasan Ps. Lama dan Jalan Palem Semi, Tangerang”. Banyak respon positif yang kami dapatkan selama penggalangan dana, banyak juga orang-orang dengan kedermawanan yang amat tinggi yang kami temui selama penggalangan dana. Satu diantaranya adalah seorang bapak tukang sepuh emas di kawasan Ps. Lama, kekurangan dalam segi ekonomi tidak menghalangi beliau untuk ikut berperan dalam kegiatan sosial yang kami selenggarakan. Sedikit percakapan yang saya ingat kira-kira seperti ini:

BP: Bapak Tukang Sepuh Emas
K1: Panitia
K2: Panitia

BP: “ada apa ini dek, ramai ramai sekali?”
K1: “oh ini pak, kita dari Kang & Nong Kota Tangerang lagi ada acara penggalangan dana untuk anak yatim pak, rencananya sih kita mau ajak mereka jalan-jalan keluar. Nah untuk penggalan dana ini kita jual macem-macem ta’jil pak”
BP: “memang pada jual apa aja? Kali aja saya minat.. hehehehe”
K2: “kita jual es buah, gorengan, sama pudding pak. Tapi maaf pak, puddingnya udah habis. Jadi sekarang Cuma ada gorengan sama es buah aja pak..”
BP: “yaudah saya mau beli gorengannya deh. Berapaan dek?” (sambil mengeluarkan uang dari kantongnya, masih ingat diingatan saya uangnya itu dalam nominal kecil)
K2: “5000 dapat 3 pak. Tapi khusus untuk bapak gara-gara maghribnya sebentar lagi kita kasih semua ya. Pak, gak sekalian es buahnya? Per gelasnya 5000 aja”
BP: “wah gausah dek, tapi kalo rezeki yah gak apa apa deh. Hehehe. Ohiya dek, sekalian es buahnya deh, saya ambil 2 ya” (Kebetulan harga dari semua yang beliau beli tepat sebesar nominal uang yang beliau miliki di kantong celananya)
K1: “nah untuk es buahnya saya lebihin 1 deh pak, jadi bapak dapat 3. Jadi pas deh bapak sama temen-temen bapak dapat seorang satu. Kan gak enak kalo ada yang gak dapet”
BP: “ah adek, terima kasih loh sudah dilebihin. Padahal kan niat awal saya mau ngebantu. Hehehehe”
K2: “engga apa-apa kok pak, tapi seharusnya kita yang bilang terima kasih pak, ohiya pak selamat berbuka pak”
BP: “iya dek sama-sama. Sukses ya untuk acaranya!”

Sekilas dari percakapan kami dengan beliau saat itu kami mendapat pelajaran yang sangat tidak terhingga dari kemuliaan hati beliau. Saya pribadi khususnya. Meski kami semua tahu bapak tersebut bisa dibilang tidak bekerja di pekerjaan yang beliau impikan selagi muda dahulu, tapi beliau masih mau berbagi meskipun beliau sendiri belum tentu dikondisi yang berkelebihan. Jadi teringat sebuah kalimat yang saya pernah baca.

“Kaya itu bukan mempunyai banyak materi atau harta. Kaya adalah ketika keinginan kuat untuk berbagi muncul untuk direalisasikan apapun keadaan kita. Entah itu saat berkecukupan atau sedang berkekurangan”.

Hanyut dalam semangat, saya teringat bahwa saya harus menunaikan janji untuk menemani seorang teman ke suatu tempat. Ingin rasanya membatalkan janji tersebut. Namun janji, tetaplah janji. Setelah meminta izin kepada Ketua Pelaksana (Kang Aldino) serta Partner saya (Nong Dian) untuk  tidak menghadiri event ini, akhirnya dengan berat hati saya pun meninggalkan seluruh panitia beserta berbagai agenda menumpuk yang harus dijalankan mendekati Hari Pelaksanaan acara ini.

Syukur Alhamdulillah saya mendapat kabar baik langsung maupun tidak langsung melalui beberapa rekan panitia bahwa acara kami berjalan dengan lancar, serta banyak sekali kegembiraan serta nilai-nilai positif yang mereka dapatkan selama menyelenggarakan nonton dan buka puasa bersama adik-adik kami kemarin. Terlebih lagi suksesnya kami memberikan pengalaman baru dan mengenal adik-adik peserta secara lebih dekat. Suksesnya acara ini tentu berkat bantuan dari berbagai pihak yang bersedia mencurahkan tenanga, waktu serta materi demi menyelenggarakan acara ini, berbagai sponsor yang telah mendukung acara ini, serta berbagai macam elemen masyarakat yang mungkin tidak bisa secara pribadi saya sebutkan. Secara pribadi saya mohon maaf atas ketidakhadiran saya pada pelaksanaan “We Care, We Share..” kemarin . Namun, lebih dari itu saya bangga dan senang atas kesuksesan acara ini dan In Shaa Allah untuk acara selanjutnya saya harap saya bisa berpartisipasi secara penuh dan tentunya terus mengalami peningkatan kedepannya.


Novalga Aniswara
(Kang Kota Tangerang 2013)
@novalganiswara


0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentarmu di sini: